Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Al-Fityan School Kubu Raya

“(Yaitu) Al-Qur’an dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa”

(QS Az-Zumar 28)

Sebagai bentuk penghormatan terhadap Bahasa Arab yang dianggap sebagai bahasa suci Al-Qur’an, Alfityan Kubu Raya menggelar Upacara Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia pada tanggal 13 Desember 2023. Meskipun peringatan internasional biasanya dilakukan pada tanggal 18 Desember, Alfityan Kubu Raya memilih tanggal yang lebih awal karena menyesuaikan dengan jadwal kegiatan pendidikan yang ada. Dalam rangkaian peringatan ini, Alfityan Kubu Raya mengukuhkan Upacara Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia sebagai ajang tahunan yang diantisipasi oleh siswa dan staff pendidikan.

Dengan tema “Bahasa Arab, Bahasa Puisi dan Seni,” acara dimulai pukul 07.15 pagi dengan semangat keagamaan yang kental. Peserta dari asrama putra dan asrama putri menunjukkan keterampilan mereka dalam berbagai lomba, mulai dari nasyid, pidato, pesan berantai, sya’ir, kaligrafi, hingga Lomba Cerdas Cermat (LCC), semuanya disajikan dalam Bahasa Arab.

Perlombaan asrama putra menampilkan bakat-bakat terbaik dalam menyajikan karya-karya yang bernuansa Islami. Di asrama putra, lomba seperti nasyid, pidato, pesan berantai, sya’ir, kaligrafi, dan LCC menjadi ajang pembuktian kemampuan siswa dalam menguasai dan mengaplikasikan Bahasa Arab.Sementara di asrama putri, perlombaan nasyid, sya’ir, dan pesan berantai berlangsung dengan semarak. Terdapat peringkat 1 antar marhalah yang semakin memacu semangat kompetisi dan meningkatkan kualitas kreativitas siswa dalam menggunakan Bahasa Arab.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah untuk para pemenang perlombaan. Wakil Direktur Alfityan Kubu Raya, Ustadz Saipul Anshor, Lc menyatakan, “Harus selalu ada dalam fikiran kita semua tentang bahasa arab, mengembangkan bahasa arab, dan menjadikan bahasa arab lingkungan bagi alfityan kuburaya.”

 

Upacara Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Alfityan Kubu Raya bukan hanya sebagai suatu kegiatan rutin, tetapi lebih dari itu, merupakan wujud nyata komitmen sekolah untuk melestarikan dan meningkatkan pemahaman Bahasa Arab, sebagai bahasa yang kaya akan nilai-nilai agama, seni, dan budaya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x